Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Macromedia Flash Professional 8


Pramestari, Syafi’udin, M. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Macromedia Flash Professional 8 Untuk Kelas VII MTs Surya Buana. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd., (2) Moh. Ahsanuddin, M.Pd.I.

Kata kunci: Macromedia Flash, CD,  media pembelajaran, bahasa Arab.

Kemajuan teknologi yang pesat, khususnya teknologi informasi mendorong manusia untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan kapan pun dan di mana pun. Di samping itu, metode pembelajaran bahasa Arab yang konvensional dan klasik menuntut guru untuk menggunakan media yang lebih relevan dengan tuntutan zaman, agar siswa lebih termotivasi dalam belajar bahasa Arab. Media tersebut adalah berupa media pembelajaran bahasa Arab berbasis macromedia flash professional 8.

Tujuan penelitian adalah: (a) membuat tampilan hasil pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berbasis macromedia flash professional 8 untuk siswa kelas VII MTs Surya Buana, (b) membuat langkah penggunaan media pembelajaran bahasa Arab berbasis macromedia flash professional 8 untuk siswa kelas VII MTs Surya Buana, (c) mengembangkan materi yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berbasis macromedia flash professional 8 untuk siswa kelas VII MTs Surya Buana.

Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model prosedural. Uji lapangan dilaksanakan di MTs Surya Buana Malang. Langkah-langkah penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash professional 8 adalah sebagai berikut: (1) identifikasi kebutuhan, (2) analisis bahan ajar, (3) analisis kebutuhan siswa, (4) desain media, (5) produksi, (6) editing, (7) prototipe media, (8) validasi produk, (9) revisi dan penyempurnaan, (10) tahap akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data persentase. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti (human instrument) sebagai instrumen kunci, dan instrumen penunjang berupa angket.

Hasil penelitian adalah berupa produk CD interaktif pembelajaran bahasa Arab berbasis macromedia flash professional 8 yang telah divalidasi oleh beberapa ahli, dan di uji cobakan pada siswa – siswi kelas VII MTs Surya Buana. Berdasarkan hasil validasi yang melibatkan ahli media bahasa Arab dan ahli materi bahasa Arab, disimpulkan bahwa media ini telah valid dan layak untuk diuji coba. Dari 9 aspek yang menjadi aspek penilaian, diketahui bahwa 5 aspek penilaian dikategorikan valid, dan 4 aspek penilaian dikategorikan cukup valid.

5 aspek penilaian yang dikategorikan valid tersebut, adalah: (1) kejelasan materi, (2) kevalidan materi (kebenaran tulisan dan tata bahasa), (3) kesesuaian materi pembelajaran, (4) Kemudahan menggunakan program, (5) desain dan tampilan program.

4 aspek yang dikategorikan cukup valid dengan nilai adalah: (1) penyajian materi, (2) kevariatifan materi, (3) kejelasan susunan kalimat, dan (4) kelengkapan fitur dalam program.

Berdasarkan hasil uji coba lapangan siswa kelas VII MTs Surya Buana, diketahui: 9 item dari item 10 item penilaian dinyatakan valid dan 1 item dinyatakan cukup valid. 9 item yang dinyatakan valid adalah: (1) Siswa senang belajar dengan media ini, (2) semangat belajar siswa bertambah, (3) Isi materi yang disampaikan menjadi jelas, (4) memberi kemudahan dalam evaluasi, (5) menambah kosakata siswa, (6) pemahaman terhadap materi menjadi lebih mudah, (7) desain dan tampilan program menarik, (8) media pembelajaran meningkatkan motivasi belajar, (9) perlunya pengembangan media ini untuk materi yang lain. 1 item yang dinyatakan cukup valid adalah kalimat/bahasa yang digunakan mudah dipahami.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai referensi dan salah satu media belajar bagi siswa yang dibatasi oleh waktu dan jarak. Selain itu diharapkan guru mengkaji ulang terhadap materi-materi di dalam media pembelajaran tersebut.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: