Persepsi Siswa Kelas VI SD Negeri Se Kecamatan Klojen Malang terhadap Seks


Nihaya, Mila Husnatin. 2010. Persepsi Siswa Kelas VI SD Negeri Se Kecamatan Klojen Malang terhadap Seks. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd, (2) Dr. Nur Hidayah, M.Pd.

Kata Kunci: Persepsi, Siswa kelas VI SD, Seks.

Saat ini banyak dijumpai siswa kelas VI SD yang sudah mulai datang bulan (bagi anak perempuan) dan mengalami mimpi basah (bagi anak laki-laki). Hal ini tidak terlepas dari semakin berkembangannya teknologi informasi misalnya banyaknya acara TV yang memperlihatkan pergaulan bebas dan banyaknya situs porno atau majalah porno yang mudah didapat oleh anak. Perkembangan teknologi itulah yang menyebabkan banyak anak cepat matang. Anak yang mengalami cepat matang, kematangan seksualnya berkembang lebih cepat dari pada rata-rata anak yang lain. Perubahan yang begitu cepat ini menimbulkan anak penasaran atas apa yang terjadi pada dirinya. Mereka akan mencari informasi tentang seks dari mana saja, misal dari guru, teman, orangtua, media masa, dll. Informasi yang tepat akan memberikan dampak yang baik bagi anak sedangkan informasi yang tidak tepat akan memberikan dampak yang buruk bagi anak. Untuk mengetahui bagaimana pengetahuan siswa tentang seks, dilaksanakan penelitian mengenai persepsi siswa kelas VI SD Negeri Se Kecamatan Klojen Malang terhadap seks.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa kelas VI SDĀ  Negeri Se Kecamatan Klojen Malang terhadap seks. Tujuan persepsi siswa kelas VI terhadap seks dapat dijabarkan sebagai berikut: (1) mengetahui persepsi siswa tentang pengertian seks, (2) mengetahui persepsi siswa tentang perkembangan seksual, (3) mengetahui persepsi siswa tentang sumber belajar seks, (4) mengetahui persepsi siswa tentang etika bergaul.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Se Kecamatan Klojen Malang. Sampel penelitian sebanyak 117 orang siswa kelas VI SD NegeriĀ  Se Kecamatan Klojen Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah multiple stage sample yaitu dengan menggunakan area probability sampel dan simple random sampling. Data dikumpulkan dengan angket yang dianalisis dengan teknik persentase.

Hasil penelitian mengenai persepsi siswa kelas VI SD Negeri Se Kecamatan Klojen Malang Terhadap Seks, menunjukkan bahwa banyak siswa cukup paham tentang pengertian seks. Banyak siswa yang sangat paham tentang perkembangan seksual. Cukup banyak siswa yang sangat paham tentang sumber belajar seks. Cukup banyak siswa yang cukup paham tentang etika bergaul. Secara umum dapat disimpulkan bahwa banyak siswa yang sangat paham tentang seks, sedikit siswa yang cukup paham tentang seks, dan tidak ada siswa yang tidak paham tentang seks.

Penelitian ini hendaknya dapat digunakan oleh guru kelas sebagai acuan dalam menyusun program bimbingan dan konseling. Penelitian ini hendaknya juga dapat dijadikan masukan peneliti lanjut untuk lebih memperluas populasinya dan mengembangkan instrumentnya sehingga diketahui hasil penelitian di lain populasi yang lebih dalam.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: