Aplikasi Metode GARCH untuk Peramalan Kunjungan Wisatawan


Yuliana. 2010. Aplikasi Metode GARCH untuk Peramalan Kunjungan Wisatawan  ke Objek Wisata Gunung Bromo. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ir. Hendro Permadi, M.Si, (II) Drs. Susiswo, M.Si.

Kata Kunci : GARCH, objek wisata, wisatawan

Objek wisata alam di Indonesia terdiri atas wisata darat  dan wisata laut. Wisata darat berupa wisata pegunungan dan wisata sejarah. Salah satu objek wisata alam kebanggaan Jawa Timur adalah objek wisata Gunung Bromo.

Untuk mengetahui peramalan kunjungan wisatawan ke objek wisata Gunung Bromo pada waktu yang akan datang, berdasarkan data yang dicatat setiap bulan oleh Dinas Pariwisata mengandung penurunan jumlah pengunjung pada akhir tahun 2006 dikarenakan adanya kabar Gunung Bromo meletus. Peramalan ini bermanfaat untuk Dinas Pariwisata setempat untuk memprediksi kunjungan wisatawan ke objek wisata Gunung Bromo beberapa tahun kedepan, untuk melaksanakan program-program yang bermanfaat bagi perkembangan kepariwisataan. Selain itu dengan melakukan peramalan, dinas pariwisata dapat meningkatkan kesiapan tingkat keamanan serta sarana dan prasarana seperti kesiapan hotel dan alat transportasi.

Dari hasil penelitian diperoleh model metode GARCH yang sesuai untuk data kunjungan wisatawan ke objek wisata Gunung Bromo adalah GARCH (3,1) dengan persamaan ,  , dimana  adalah varian residual. Dari hasil ini dapat dikatakan bahwa metode GARCH (3,1) digunakan dalam meramalkan kunjungan wisatawan ke objek wisata Gunung Bromo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: