Dinamika Keyakinan Ibu Hamil Terhadap Mitos-mitos Kehamilan


Alawiyah, Syarifatul. 2009. Dinamika Keyakinan Ibu Hamil Terhadap Mitos-mitos Kehamilan (Studi Kasus di Dusun Tumpangrejo, Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang). Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Adi Atmoko, M.Si., (2) Diantini Ida Viatrie, S.Psi, M.Si.

Kata kunci: dinamika keyakinan, ibu hamil, mitos kehamilan

Kehamilan merupakan fase penting dalam kehidupan manusia. Banyak faktor yang mempengaruhi kehamilan, salah satunya adalah kepercayaan terhadap mitos kehamilan. Meski saat ini beberapa dari mitos kehamilan yang sebelumnya tidak dapat dijawab secara rasional sudah dapat dijelaskan secara ilmiah, namun banyak masyarakat yang masih memegang teguh keyakinan terhadap mitos kehamilan padahal beberapa dari mitos kehamilan justru dapat merugikan bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis mitos kehamilan yang ada di Dusun Tumpangrejo Desa Ngenep, proses internalisasi mitos, kaitan antara keyakinan terhadap mitos dengan kecemasan dan perilaku ibu hamil dalam menjaga kesehatan, dan dinamika keyakinan ibu hamil terhadap mitos kehamilan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berperspektif fenomenologi dengan model penelitian studi kasus. Berdasarkan teknik snowball sampling, diperoleh lima subyek subyek penelitian. Data dikumpulkan dengan teknik: (1) wawancara mendalam, (2) observasi nonpartisipan, dan (3) foto. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan prosedur pengkodean, reduksi data dan penarikan kesimpulan . Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) mitos kehamilan yang ada dapat dibagi menjadi dua yaitu mitos yang berhubungan dengan pantangan makanan dan mitos yang berhubungan dengan perilaku; ritual yang wajib dijalankan oleh ibu hamil adalah selametan tiga dan tujuh bulan usia kandungan dan mencuci rambut saat hari rabu pasaran wage   (2) proses internalisasi mitos kehamilan terjadi dari orang tua terhadap anak dapat dijelaskan dengan teori kognitif Piaget dan teori pemrosesan informasi (3) keyakinan terhadap mitos kehamilan menimbulkan gejala kecemasan berupa ketakutan apabila belum sepenuhnya melaksanakan anjuran dari orang tua dan mempengaruhi perilaku ibu hamil terutama dalam memilih makanan (4) banyak dari ibu hamil yang meyakini kebenaran mitos kehamilan dan melaksanakannya akan tetapi mereka tidak mengetahui sebab dari suatu mitos dan hanya melakukan agar tidak ‘kualat’, mereka tidak bersikap kritis dengan bertanya pada orang tua karena apabila bertanya dianggap membantah dan tidak hormat pada orang tua.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk bidan agar memberikan penyuluhan pada ibu hamil mengenai nutrisi yang diperlukan saat hamil agar tidak memantang makanan yang justru baik bagi kesehatan. Bagi ibu hamil diharapkan lebih kritis apabila mendapat informasi mengenai mitos kehamilan agar tidak merugikan kesehatan. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan mengenai asal-usul, untung rugi dan kebenaran dari suatu mitos kehamilan sehingga dapat dicari pendekatan dari sudut pandang psikologi yang tepat untuk memberikan edukasi pada masyarakat guna meminimalisir dampak negatif dari suatu mitos.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: