Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Role Playing


Natalia, Ester.2010. Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Antara Kelas Internasional dengan Kelas Reguler Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 3 Tulungagung. Skripsi, program studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (i) Dr.Hari Wahyono,M.Pd, (ii) Dwi Wulandari, SE.,MM

Kata Kunci: efektifitas, role playing, kelas internasional, kelas regular

Dalam pembaharuan pendidikan ada 3 hal yang perlu di soroti yaitu pembaharuan kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran, dan efektifitas metode pembelajaran. Peningkatan kualitas ini menuntut guru untuk mengembangkan tatanan dan mengoptimalkan pembelajaran agar siswa juga berperan aktif dalam proses pembelajaran. Memalui role palying siswa mencoba mengekspresikan hubungan natara manusia dengan cara memperagakannya, bekerja sama, mendiskusikannya sehingga bersama-sama dapat mengekplorasi perasaan, sikap, nilai dan strategi pemecahan masalahnya.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui efektifitas penerapan metode pembelajaran role playing di kelas internasional, (2) Mengetahui efektifitas penerapan metode pembelajaran role playing di kelas regular, (3) Mengetahui perbandingan efektifitas penerapan metode pembelajaran role playing pada kelas internasional dengan kelas reguler.

Populasi dalam penelitian ini sebanyak 9 kelas dengan keseluruhan jumlah 311 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tulungagung, dan diambil secara Purposive Sampling yaitu sebanyak  2 kelas untuk sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tenik observasi langsung dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji t Paired Sample Test dengan bantuan komputer SPSS for windows 16.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: rata-rata nilai posttest IPS siswa kelas internasional setelah diterapkan role playing sebesar 84.8, sedangkan peningkatan nilai posttest IPS pada kelas reguler sebesar 80.6. Sehingga ada pengaruh positif dan signifikan antara hasil pretes dan posttes pada kelas internasional dan kelas reguler. Hal ini ditunjukkan oleh pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t (t test) terhadap kelas reguler yaitu nilai signifikansi = 0,000 <  0,05 sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan secara signifikan sebelum dan sesudah test. Pada kelas internasional juga dilakukan pengujian hipotesis dengan uji t hasilnya nilai signifikansi =0,000 < 0,05 atau t hitung = -11,451 dan t table = -2,074. Jadi -11,451> -,074 sehingga dapat dikatakan sebelum dan sesudah test.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bagi guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Tulungagung menerapkan model pembelajaran role playing sebagai salah satu alternative proses pembelajaran di kelas karena hasil penelitian ini telah membuktikan bahwa pembelajaran kontekstual role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: