Kesiapan Guru Mata Diklat Administrasi Perkantoran


Wati, Endah Triana. 2008. Kesiapan Guru Mata Diklat Administrasi Perkantoran SMK Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Terhadap Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Prodi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs.I Nyoman Suputra, M.Si. (II) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto,M.Si.

Kata Kunci: Kesiapan Guru, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan disusun sesuai dengan kondisi di masing masing daerah bersangkutan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah. Seiring pemberlakuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, maka aspek pelatihan dan sosialisasi bagi guru sangat diperlukan sebagai sarana pendukung dalam sosialisasi pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menuntut tenaga pengajar (guru) terampil dan berkualitas agar dapat mencapai kompetensi yang diinginkan. Oleh karena itu perlu adanya kesiapan dari pelaksananya antara lain kesiapan kepala sekolah dan guru sebagai tenaga pengajar.

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: Sosialisasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, pemahaman guru tentang implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kesiapan guru terhadap Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, faktor pendukung dan faktor penghambat iplementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk guru Administrasi Perkantoran SMK di Kabupaten Tulungagung.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru APK SMK bidang keahlian Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Tulungagung. Sampel yang diambil sama dengan jumlah populasi yaitu 39 guru.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: Observasi, wawancara, agket dan  okumentasi. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif .

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 51,28% guru mengatakan sosialisasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan baik, 84,62% guru mengatakan bahwa pemahaman guru tentang Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan baik, 69,23% guru menyatakan bahwa kesiapan Guru terhadap implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan baik, faktor pendukung implementasi kurikulum tingkat satuan Pendidikan adalah motivasi dari guru sendiri, kepala sekolah dan teman sesama guru dan factor penghambatnya adalah kurangnya sarana dan prasarana dan dari diri siswa sendiri.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Kesiapan Guru Administrasi Perkantoran SMK Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen terhadap Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan baik. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu tindakan untuk mendukung dan menguatkan tingkat kesiapan guru dengan menambah sosialisasi, kususnya untuk program Administrasi Perkantoran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: