Pengaruh Kinerja Keuangan Perusahaan terhadap Return dan Risiko Saham


Wardhani, SAK, 2010. Pengaruh Kinerja Keuangan Perusahaan terhadap Return dan Risiko Saham (Studi pada Perusahaan Food and Beverages yang Listing di BEI periode 2004-2008). Skripsi, Jurusan Manajemen Konsentrasi Manajemen Keuangan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mugianto, S.E, M.Si, (II) Lulu Nurul Istanti, S.E, M.M

Kata Kunci: kinerja keuangan, return, risiko

Semakin kompleksnya permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan, juga mengakibatkan semakin ketatnya persaingan antar perusahaan. Untuk mengatasinya, perusahaaan harus memiliki kinerja keuangan yang baik, karena kinerja keuangan mencerminkan kemampuan perusahaan dalam mengelola operasional perusahaan. Kinerja keuangan juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi investor dalam berinvestasi. Kinerja keuangan dapat dinilai melalui analisis rasio keuangan seperti ROE, EPS, PER, DPR, dan CR.

Informasi tentang rasio keuangan tersebut dapat dilihat pada laporan keuangan perusahaan yang bersangkutan yang digunakan investor dalam melakukan proses penilaian saham yang mencerminkan hubungan antara return dan risiko. Semakin baik kinerja keuanagn suatu perusahaan maka semakin kecil kemungkinan risiko investasi yang akan ditanggung dan semakin besar kemungkinan return yang akan diperoleh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan prusahaan terhadap return dan risiko dan untuk  mengetahui hubungan antara return dan risiko.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah korelasional yang bersifat kausalitas yang digunakan untuk menggambarkan pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel bebas ROE, EPS, PER, DPR, CR terhadap variable terikat return dan risko, juga hubungan antara return dan risiko. Populasi dalam penelitian ini menggunakan perusahaan food and beverages yang listing di BEI tahun 2004-2008, dan dari populasi tersebut diambil 7 perusahaan secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dan hubungan korelasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan ROE, EPS, PER dan DPR secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap return, hanya CR yang berpengaruh signifikan terhadap return, dan ROE, EPS, PER, DPR, CR secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap return, sedangkan ROE, EPS, PER, DPR, CR secara parsial maupun simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap risiko. Hubungan antara return dan risiko menunjukkan hubungan yang kuat negatif. Pada penelitian selanjutnya disarankan agar dalam perhitungan return dan risko sebaiknya setelah laporan keuangan perusahaan yang bersangkutan dipublikasikan dan menambah jumlah sampel agar penelitian lebih reliabel dan mengembangkan penelitian tentang pengaruh kinerja keuangan yang diwakili oleh rasio keuangan terhadap return dan risiko.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: