Penggunaan Diagram Alur untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa


Rahmawati, Henny. 2010. Penggunaan Diagram Alur untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X-7 SMAN I Malang terhadap Teks Naratif. Skripsi, Program Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Satra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Sri Andreani, M.Ed.

Kata kunci: diagram alur (flow chart), meningkatkan, pemahaman

Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan diagram alur untuk membantu siswa kelas X-7, SMAN I Malang meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami teks naratif. Penelitian ini dilaksanakan karena nilai reading siswa 84% dari 31 siswa dibawah Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM).

Penelitian ini dirancang sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berdasarkan model Kemmis dan McTaggart (2000). Subjek dari penelitian ini adalah 31 siswa kelas X-7 SMAN I Malang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, penerapan, pengamatan, dan refleksi. Pada tahap perencanaan, peneliti membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), instrumen penelitian, dan menentukan kriteria keberhasilan dalam pelaksanaan pembelajaran, Dalam tahap penerapan, peneliti melakukan aktifitas yang telah dirancang pada RPP.

Dalam tahap pengamatan, peneliti mencatat dan mengumpulkan data yang diperoleh pada tahap penerapan. Terakhir, pada tahap refleksi, peneliti menganalisis apakah penerapan diagram alur telah memenuhi kriteria keberhasilan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data antara lain catatan lapangan, lembar evaluasi RPP, lembar evaluasi guru dan siswa, kuesioner untuk siswa, dan lembar tanggapan siswa. Terdapat juga instrumen dalam bentuk kuis dan tes merangkum bacaan untuk mengevaluasi pemahaman mereka.

Kriteria keberhasilan pada penelitian ini yaitu 60% dari 31 siswa mendapatkan nilai di atas SKBM dengan kenaikan nilai 10 atu lebih dibandingkan dengan nilai tes pada preliminary study. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan diagram alur dapat meningkatkan nilai reading siswa dalam memahami teks naratif, yaitu 61% siswa mendapat nilai diatas SKBM dengan kenaikan nilai 10 atau lebih pada tes merangkum dibandingkan dengan tes pada preliminary study. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah memenuhi kriteria keberhasilan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa diagram alur mampu mendorong keaktifan siswa dan guru sehingga kegiatan yang dilakukan berjalan dengan efektif. Diagram alur memudahkan siswa dalam memahami teks naratif.

Berdasarkan hasil penelitian peneliti mengajukan guru untuk menggunakan diagram alur sebagai media untuk mempermudah siswa dalam memahami teks naratif dan menuangkannya dalam bentuk rangkuman yang terdiri dari generic structure dari text naratif yaitu orientation, complication, resolution dan ending.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: