Studi tentang Pelaksanaan Tugas-tugas Perkembangan Remaja Siswa SMP


Ummah, Vikry Nafi’atul. 2010. Studi tentang Pelaksanaan Tugas-tugas Perkembangan Remaja Siswa SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Skripsi,  Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Elia Flurentin, M.Pd (2) Drs. Djoko Budi Santoso.

Kata kunci : Tugas perkembangan, remaja, SMP Islam.

Manusia merupakan salah satu makhluk Tuhan yang senantiasa tumbuh dan berkembang disepanjang rentang kehidupannya. Dalam perkembangannya tersebut terdapat tugas-tugas yang harus dilalui sesuai dengan tingkatan umurnya. Demikian juga dengan siswa-siswi SMP Islam Sunan Gunung Jati yang berada pada masa usia remaja dan sedang berkembang. Siswa-siswi SMP Islam Sunan Gunung Jati tinggal di asrama yang terpisah antara siswa laki-laki dan siswa perempuan.

Tujuan penelitian adalah untuk  mendeskripsikan : (1) pelaksanaan tugas perkembangan menerima keadaan jasmani, (2) pelaksanaan tugas perkembangan remaja membina hubungan dengan teman sejenis dan teman lawan jenis, (3) pelaksanaan tugas perkembangan remaja menerima peranan sosial sesuai dengan jenis kelamin masing-masing, (4) pelaksanaan tugas perkembangan remaja mendapatkan kebebasan emosional dari orang tua dan orang dewasa lain, (5) pelaksanaan tugas perkembangan remaja mencapai kebebasan ekonomi, (6) pelaksanaan tugas perkembangan remaja mendapatkan seperangkat nilai-nilai hidup dan falsafah hidup dan (7) apakah ada perbedaan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan SMP Islam  Sunan Gunung Jati dalam pelaksanaan tugas-tugas perkembangan.

Jenis penelitian adalah deskriptif komparatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Islam Sunan Gunung Jati  Kec. Ngunut  Kab. Tulungagung. Populasi dalam penelitian  adalah siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Islam Sunan Gunung Jati  sejumlah  623 orang siswa yang terdiri dari 347 orang siswa laki-laki dan 276 orang siswa perempuan. Sampel yang diambil sebanyak 31% yaitu 108 orang siswa laki-laki dan 86 orang siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Penelitian menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji beda dengan teknik Independent Sample T test atau uji beda dua rata-rata.

Hasil dari penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa siswa laki-laki sebanyak 44.44%  melaksanakan tugas perkembangan menerima keadaan jasmani dengan klasifikasi rendah, siswa laki-laki sebanyak 46.30% melaksanakan tugas perkembangan membina hubungan dengan teman sejenis dan teman lawan jenis dengan klasifikasi rendah,  siswa laki-laki sebanyak 53.70% melaksanakan tugas perkembangan menerima peran sosial sesuai dengan jenis kelamin masing-masing dengan klasifikasi sedang, sebanyak 48.15 % siswa laki-laki melaksanakan tugas perkembangan mendapatkan kebebasan emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya dengan klasifikasi sedang, kemudian sebanyak 50.93% siswa laki-laki melaksanakan tugas perkembangan mencapai kebebasan ekonomi dengan klasifikasi rendah, sebanyak 48.15% siswa laki-laki lainnya melaksanakan tugas perkembangan menerima seperangkat nilai-nilai hidup dan falsafah hidup dengan klasifikasi sedang. Pada siswa perempuan menunjukkan, sebanyak 67.44% melaksanakan tugas perkembangan menerima keadaan jasmani dengan klasifikasi sedang, sebanyak 60.47% melaksanakan tugas perkembangan membina hubungan dengan teman sejenis dan lawan jenis dengan klasifikasi sedang, sebanyak  58.14% siswa perempuan melaksanakan tugas perkembangan menerima peran sosial sesuai dengan jenis kelamin masing-masing dengan klasifikasi sedang, tugas perkembangan mendapatkan kebebasan emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya dilaksanakan dengan klasifikasi sedang oleh sekitar 58.14% siswa perempuan, selanjutnya sebanyak 56.98% siswa perempuan melaksanakan tugas perkembangan mencapai kebebasan ekonomi dengan klasifikasi sedang, dan sebanyak 51.16% siswa perempuan melaksanakan tugas menerima seperangkat nilai-nilai hidup dan falsafah hidup dengan klasifikasi sedang.   .

Hasil pengujian analisis uji beda dapat disimpulkan bahwa nilai Thitung =0,333 jika dikonsultasikan pada tabel dengan taraf signifikansi 0,632 (5%) d.f 192, maka nilai t= 0,333<1,972. karena nilai Thitung > Ttabel maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam pelaksanaan tugas-tugas perkembangan  remaja, siswa SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung.

Berdasakan pada hasil penelitian, ada beberapa saran : (1) Bagi Lembaga, penulis menyarankan hendaknya lembaga memberikan  bimbingan yang  bersifat kuratif terutama bagi anak laki-laki sehingga para siswa-siswi dapat melaksanakan tugas-tugas perkembangannya dengan baik dan sesuai dengan rentang umurnya; (2) Bagi Guru/ustadz, disarankan untuk membantu siswa dalam melaksanakan tugas-tugas perkembangannya; (3) bagi peneliti selanjutnya, hendaknya memilih dan mengambil sampel yang lebih luas, sehingga hasilnya lebih valid.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: