Implementasi Kolaboratif Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Think Pair Share (TPS)


Kristanti, Andriana Iva. 2010. Implementasi Kolaboratif Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Pada Siswa Kelas X APK SMK Negeri 1 Jombang Pada Mata Pelajaran Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi). Skripsi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. M. Arief, M. Si; (2) Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd, M.M.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation dan Think Pair Share, Hasil Belajar.

Pembelajaran kooperatif merupakan suatu metode pembelajaran yang mengacu pada berbagai model pembelajaran yang didasarkan atas kerja kelompok dimana siswa saling bekerjasama dan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan pembelajaran. Group Investigation dan Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran kooperatif dimana siswa harus berperan aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model GI dan TPS serta hasil belajaara siswa mata pelajaran ,mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi di SMKN 1 Jombang.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dan II ditempuh selama empat kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahhap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelayanan terhadap telepon masuk dan keluar.

Hasil penelitian penerapan pembelajaran kooperatif model GI dan TPS adalah sebagai berikut: (1) Penerapan kolaborasi model pembelajaran GI dan TPS pada mata pelajaran Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi berjalan sangat lancar. (2) Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari penerapan model pembelajaran GI dan TPS. (3) Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran GI dan TPS ini juga sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti mengajukan beberapa saran yaitu: (1) Bagi kepala sekolah, agar adapat melengkapi sarana dan prasarana yang ada demi kelancaran proses belajar dan mengajar. (2) Bagi guru mata pelajaran, model pembelajaran ini sangat cocok untuk dilaksanakan karena dapat memupuk rasa percaya diri siswa dalam mengutarakan pendapat baik saran maupun kritik. Selain itu terbentuk pula rasa kerja sama yang kuat dalam menyelesaikan  setiap masalah atau kasus yang dihadapi. (3) Bagi peneliti berikutnya, melakukan penelitian dengan model pembelajaran ini sangat valid dan cocok sekali. Jadi diharapkan peneliti dapat lebih mengembangkan penelitian selanjutnya dengan baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: