Kematangan Sosial Anak yang Mengikuti Kelompok Bermain (Playgroup)


Alrobby, Endita. 2010. Kematangan Sosial Anak yang Mengikuti Kelompok Bermain (Playgroup) dengan Sistem Sekolah Sehari Penuh (Studi Kasus di PG/TK Al Huda Bagus Malang). Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi. FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Fattah Hanurawan, M. Si., M. Ed., (II) Ninik Setiyowati, S. Psi., M. Psi.

Kata kunci: kematangan sosial anak, playgroup, fullday school, studi kasus, PG/TK Al Huda Bagus Malang

Layanan pendidikan anak usia dini sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak selanjutnya hingga dewasa. Di samping Taman Kanak-kanak (TK), dewasa ini masyarakat terutama para orang tua mulai mengenal bentuk pendidikan prasekolah yang lain, yaitu kelompok bermain (playgroup). Namun kemudian pendidikan ini berkembang lagi menjadi kelompok bermain dengan sistem sekolah sehari penuh (fullday school), demi menjawab kekhawatiran para orangtua sibuk bekerja yang kesulitan menjaga putra-putrinya. Ketika anak berada di sekolah selama sehari penuh tanpa pendampingan orangtua, maka dibutuhkan kematangan sosial yang cukup pada anak. Melihat fenomena sekolah sehari penuh yang saat ini sedang marak dan menjadi trend di Indonesia, mendorong dilakukannya penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap kematangan sosial anak yang mengikuti playgroup di fullday school tersebut, terutama setelah kurang lebih 1 bulan bersekolah.

Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif dengan model penelitian studi kasus. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah empat orang dengan kriteria sebagai berikut: (1) Siswa di PG/TK Al Huda Bagus Malang dengan usia 2-4 tahun, (2) Anak dalam kondisi sehat secara fisik dan psikologis, (3) Sudah bersekolah selama minimal 1 bulan, (4) Disetujui oleh orangtua subyek. Alat pengumpul data yang digunakan adalah (1) Observasi, (2) Wawancara mendalam, (3) Dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis isi dengan tahapan menggunakan lambang-lambang tertentu, mengklasifikasi data tersebut dengan kriteria-kriteria tertentu, melakukan prediksi, serta menarik kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan keempat siswa playgroup di fullday school PG/TK Al Huda Bagus Malang sebagai subyek penelitian memiliki self-help general yang baik, self-help dressing yang kurang, self-help eating yang baik, locomotion yang sangat baik, occupation yang sangat baik, communication yang sangat baik, dan socialization yang sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi Fullday school PG/TK Al Huda Bagus Malang untuk dapat meningkatkan aspek kematangan sosial ketrampilan berpakaian (self-help dressing) dan ketrampilan makan (self-help eating) para siswanya dengan memaksimalkan metode Learning by Doing (penyampaian dengan praktek langsung) yang sudah ada dan kemudian dilanjutkan dengan pembiasaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: