Pengaruh Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan terhadap Return Saham


Finda, Evy Harry Tri. 2009. Pengaruh Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan terhadap Return Saham yang Diperkuat oleh Likuiditas (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Go Public yang Termasuk 50 Leading Company Periode 2006-2008). Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Bambang Banu Siwoyo, M.M dan (II) Ely Siswanto, S.Sos., M.M.

Kata kunci: Return Saham, Perputaran Persediaan, Perputaran Piutang, dan Likuiditas.

Kegiatan investasi merupakan kegiatan yang berhubungan dengan keputusan investor mengenai pemilihan bidang bisnis/usaha. Investasi dalam bentuk saham di pasar modal merupakan jenis investasi yang menjanjikan keuntungan yang relatif besar, meskipun di dalamnya mengandung risiko yang cukup tinggi. Motif para investor yang menginvestasikan dananya dalam bentuk saham adalah untuk mendapatkan tingkat pengembalian atau return atas investasi yang dilakukan. Untuk mengurangi atau menghindari adanya risiko atas investasi, maka seorang investor akan melakukan suatu analisis. Bentuk analisis tersebut adalah analisis fundamental dan teknikal. Analisis fundamental berkaitan dengan kinerja perusahaan. Dalam penelitian ini, kinerja perusahaan diwakili oleh perputaran piutang, perputaran persediaan, serta likuiditas perusahaan yang pada akhirnya digunakan untuk menilai suatu return saham yang akan diterima para investor.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh perputaran piutang dan perputaran persediaan terhadap return saham yang diperkuat oleh likuiditas. Populasi penelitian ini 151 perusahaan dan sampel yang ditentukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 10 perusahaan manufaktur yang termasuk 50 leading company sebagai sampel periode 2006 sampai 2008. Metode analisis data menggunakan analisis path (analisis jalur).

Berdasarkan atas pengujian hipotesis yang telah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perputaran piutang dan perputaran persediaan berpengaruh terhadap likuiditas baik secara simultan ataupun parsial. Tetapi perputaran piutang, perputaran persediaan, dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap return saham baik secara simultan ataupun parsial.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada perusahaan untuk lebih meningkatkan kinerjanya baik pengelolaan terhadap piutang, persediaan, maupun likuiditasnya. Terutama kinerja likuiditas, karena dalam penelitian ini likuiditas mengalami penurunan. Bagi para investor diharapkan tidak hanya terpaku pada penilaian terhadap fundamental perusahaan saja melainkan melihat pada kondisi ekonomi secara makro serta hal-hal lain yang dianggap dapat mempengaruhi return saham. Bagi para peneliti lanjut, hendaknya menambahkan variabel yang telah ada, di mana banyak variabel yang bisa mempengaruhi return saham selain faktor yang disebutkan dalam penelitian ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: