Sistem Akuntabilitas Program Sekolah


Ubaidillah, Endra. 2010. Sistem Akuntabilitas Program Sekolah (Studi Kasus di SDN Bertaraf Internasional Tlogowaru Malang). Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Imron Arifin, M.Pd, (II) Dr. H. A. Yusuf Sobri, S.Sos, M.Pd.

Kata kunci: SBI, akuntabilitas, program sekolah

Seiring dengan perkembangan tuntutan masyarakat terhadap kualitas dan pelayanan pendidikan serta dalam rangka mencapai tujuan pendidikan melalui upaya peningkatan pemerataan dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan, maka diperlukan dukungan dan partisipasi dari masyarakat untuk aktif ikut serta dalam mengikuti penyelenggaraan pendidikan oleh negara. Peran serta kelompok-kelompok dalam masyarakat juga ikut berpartisipasi khususnya pengawas dalam proses pendidikan secara tidak langsung untuk mencapai tujuan pendidikan. Semua itu tercantum dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 pasal 8 yang berbunyi masyarakat berhak berperan serta dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi program pendidikan. Peran serta kelompok masyarakat tersebut sangatlah penting seperti yang terjadi di SDNBI Tlogowaru Malang masyarakat atau orangtua sangat berperan sebagai pendukung kegiatan belajar dan penyedia dana. Sekolah yang terletak di lingkungan pendidikan modern ini memiliki fasilitas yang memadai seperti ruang komputer, kolam renang, lapangan sepak bola, kantin kejujuran yang menyediakan makanan yang sehat dan bergizi, gedung gedung belajar bertingkat yang bersih yang merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban keuangan kepada orangtua dan masyarakat. Sebagai usaha membina hubungan dengan orangtua, sekolah mempunyai komite sekolah sebagai wadah dari aspirasi orangtua dan masyarakat yang berperan penting sebagai penghubung antara sekolah dan orangtua. Selain itu juga memiliki perkumpulan orangtua di tiap kelas yang diwadahi dalam paguyuban orangtua dan melakukan pertemuan secara rutin tiap tiga bulan sekali untuk mengetahui perkembangan dan pertanggungjawaban sekolah.

Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) yang mendasari pelaksanakan akuntabilitas program sekolah di SDNBI Tlogowaru Malang, (2) proses pelaksanaan akuntabilitas program sekolah di SDNBI Tlogowaru Malang, (3) faktor yang mempengaruhi implementasi akuntabilitas program yang dilaksanakan, baik yang mendukung maupun menghambat di SDNBI Tlogowaru Malang, (4) hasil pelaksanaan akuntabilitas program di SDNBI Tlogowaru Malang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dasar dilaksanakannya akuntabilitas program di SDNBI Tlogowaru Malang, proses pelaksanaan akuntabilitas program di SDNBI Tlogowaru Malang, faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi Akuntabilitas program yang dilaksanakan, baik yang mendukung maupun menghambat di SDNBI Tlogowaru Malang, hasil pelaksanaan akuntabilitas program sekolah di SDNBI Tlogowaru Malang.

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, rancangan penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Penelitian ini pengecekan keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang waktu penelitian, sehingga memungkinkan peningkatan derajat kepercayaan data yang dikumpulkan. Dilakukan pula trianggulasi sumber dan metode, yaitu mengecek kebenaran data dengan membandingkan data dari sumber dan metode lain.

Analisis data dalam penelitian ini dibedakan menjadi analisis data di lapangan selama proses pengumpulan data dan analisis data setelah selesai pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) dasar pelaksanaan akuntabilitas program sekolah di SDNBI Tlogowaru Malang adalah menciptaklan hubungan baik dan transparan kepada semua stakeholder dan sebagai evaluasi program, (2) pelaksanaan akuntabilitas program sekolah di SDNBI Tlogowaru Malang pada tahap awal adalah dengan pembentuk panita penanggungjawab dan kemudian menentukan sistem pelaporan melalui berbagai media, (3) faktor pendukung dalam pelaksanaan akuntabilitas programsekolah di SDNBI Tlogowaru Malang adalah komitmen sekolah dan respon positif dari orangtua dan faktor panghambatnya adalah perbedaan persepsi antara guru dan kepala sekolah, dan program yang ada hanya dipikirkan oleh satu orang saja, (4) hasil dari pelaksanaan akuntabilitas program sekolah di SDNBI Tlogowaru Malang adalah peningkatan akademik secara menyeluruh, peningkatan kemampuan pengajar dan peningkatan sarana dan prasarana.

Saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah SDNBI Tlogowaru Malang hendaknya Lebih meningkatkan peran orang tua baik dalam pembentukan program sekolah maupun dalam pelaksanaannya. Kepada masyarakat/orangtua agar lebih aktif berpartisipasi dalam pelaksanaan akuntabilitas program sekolah dan selalu memberikan masukan untuk terciptanya kualitas pendidikan yang baik. Kepada Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang untuk lebih memperbanyak pengembangan ilmu dan utamanya sering mengadakan sosialisasi dalam bentuk pendidikan dan pelatihan (diklat), seminar, simposium yang berhubungan dengan manajemen hubungan sekolah dan masyarakat khususnya pentingnya akuntabilitas sekolah.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: