Pengaruh Latihan Senam Aerobik Intensitas Sedang terhadap Tingkat Persentase Lemak Tubuh


Utaminingsih, Elda. 2011. Pengaruh Latihan Senam Aerobik Intensitas Sedang terhadap Tingkat Persentase Lemak Tubuh. Skripsi, jurusan ilmu keolahragaan fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri malang, pembimbing (1) Drs. Oni Bagus Januarto, M. Kes,  (II) Drs. Mulyani Surendra, M. S

Kata Kunci: senam aerobik, intensitas, lemak tubuh.

Prestasi merupakan tujuan utama dalam pembinaan olahraga. Faktor pendukung pencapian sebuah prestasi olahraga salah satunya dengan baiknya faktor manajemen dalam sebuah wadah pembinaan. Pembinaan olahraga balap sepeda yang ada di kota Malang yakni dalam naungan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Pengkot Malang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen ISSI Pengkot Malang dalam menghadapi PORPROV Jatim II tahun 2009, penelitian dilakukan pada ISSI pengkot Malang pada bulan April sampai Mei 2010, subyek penelitian ini adalah 11 pengurus dan 10 atlet ISSI Pengkot malang periode tahun 2008-2012. Pengambilan data pada penelitian ini berbentuk angket dan dokumentasi, dengan validasi instrument dilakukan oleh tiga orang ahli. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik persentase.

Hasil penelitian ditemukan bahwa perencanaan yang dilakukan oleh ISSI Pengkot Malang dengan subyek pengurus, perolehan persentasenya adalah 89,84%, dengan perolehan persentase tersebut maka perencanaan dengan subyek atlet dapat dikatogorikan berjalan sangat baik . Variabel perencanaan dengan subyek atlet, perolehan persentasenya adalah 84,4%, dengan perolehan persentase tersebut maka perencanaan dengan subyek atlet dapat dikatagorikan berjalan sangat baik.

Pengorganisasian dengan subyek pengurus memperoleh persentase penilaian sebesar 87,27%, dengan perolehan persentase tersebut maka dapat disimpulkan tentang pengorganisasian di ISSI Pengkot Malang dengan subyek pengurus dapat dikatagorikan sangat baik. Pengorganisasian dengan subyek atlet memperoleh persentase penilaian sebesar 90,22%, dengan perolehan persentase tersebut maka dapat disimpulkan tentang pengorganisasian dengan subyek atlet dikatagorikan sangat baik.

Pelaksanaaan dengan subyek pengurus memperoleh persentase penilaian sebesar 87,27%, dengan perolehan persentase tersebut maka dapat disimpulkan tentang pelaksanaan dengan subyek pengurus yaitu sangat baik. Variabel pelaksanaan memperoleh persentase penilian 85%, persentase tersebut berasal dari penilian atlet yang dapat disimpulkan sangat baik.

 

Pengawasan dengan subyek pengurus memperoleh persentase penilaian sebesar 85,09%, dengan perolehan persentase tersebut maka dapat disimpulkan tentang pengorganisasian dengan subyek pengurus yaitu sangat baik. Variabel pengawasan dengan subyek atlet memperoleh persentase sebesar 82%, dengan perolehan tersebut maka dapat disimpulkan sangat baik.

Pemaparan diatas dapat ditarik kesimpulan tentang manajeme ISSI Pengkot Malang masuk dalam kategori sangat baik, hasil rata-rata persentase tersebut sebesar 86,36%. Hal ini didapat dari rata-rata hasil persentase setiap komponen manajemen setiap subyek penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan untuk ISSI Pengkot Malang secara keseluruhan agar mempertahankan manajemen yang telah berjalan secara baik.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: