Analisis Penentuan Portofolio Optimal Untuk Meminimumkan Risiko pada Perusahaan Kelompok Industri Perdagangan Retail


Hasbulloh, Disusun pada saat menyelesaikan studi S1 pada Jurusan Manajemen FE Universitas Pakuan Dengan Pembimbing Bapak Chaerudin Manaf, MM., SE., dan Bapak Chaidir, MM., SE.

Investasi merupakan titik awal kesempatan untuk maju, dimana dalam berinvestasi itu setiap investor pasti menginginkan tingkat pengembalian yang besar dan risiko yang kecil. Dalam penelitian ini penulis menganalisis Penentuan Portofolio optimal untuk meminimumkan risiko pada perusahaan kelompok industri perdagangan retail dengan menggunakan single indeks model.

Dalam penulisan skripsi ini objek penelitiannya yaitu saham-saham perusahaan yang bergerak di bidang Industri Perdagangan Retail di Bursa Efek Jakarta.

Masalah yang dihadapi oleh setiap investor saat ini adalah tingkat pengembalian yang kecil dan risiko yang besar sehingga tidak ada kepastian dalam berinvestasi saham karena saham bersifat fluktuatif dan spekulatif.

Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui portofolio saham, dan kemungkinan proporsi alokasi dana. Supaya bisa memutuskan investasinya.

Jenis dan metode penelitian yang dipakai penulis adalah deskriptif eksploratif dengan metode studi kasus mengenai tingkat pengembalian portofolio saham terhadap keputusan investasi. Sedangkan teknik penelitian ini menggunakan statistik kuantitatif yaitu perhitungan dengan menggunakan angka.

Dari hasil penelitian dengan menggunakan metode di atas, Penentuan Portofolio Optimal Pada Perusahaan Kelompok Industri Perdagangan Retail di Bursa Efek Jakarta bisa dijalankan sesuai prosedur dan setelah dilakukan penghitungan atas saham-saham pada kelompok tersebut dihasilkan bahwa yang masuk ke dalam portofolio Optimal ialah saham PT. Alfa Retailindo Tbk. (ALFA) memiliki tingkat pengembalian positif yaitu sebesar 0.014058173 dengan tingkat risiko sebesar 0.143101894 serta Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) memiliki tingkat pengembalian yang positif yaitu 0.010205288 dengan tingkat risiko sebesar 0.090722727 dan saham PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) tingkat pengembaliannya juga positif sebesar 0.007674599 .dengan tingkat risiko sebesar 0.101646985

Sedangkan untuk Meminimumkan Risiko Pada Perusahaan Kelompok Industri Perdagangan di Bursa Efek Jakarta dapat dijalankan dengan diversifikasi atas saham-saham Pada Perusahaan Kelompok Industri Perdagangan di Bursa Efek Jakarta maka dilakukan diversifikasi dengan hasil proporsi dana RALS dengan proporsi dana sebesar 46 % saham MAPI sebesar 36 % saham ALFA sebesar 17 %. Hal ini diartikan bahwa apabila investor ingin menginvestasikan sahamnya pada kelompok industri perdagangan maka untuk meminimkan risiko maka proporsi dananya ditentukan dengan komposisi di atas.

Sehingga penulis simpulkan, Analisis Penentuan Portofolio Optimal Untuk Meminimumkan Risiko Pada Perusahaan Kelompok Industri Perdagangan Retail di Bursa Efek Jakarta dapat dilakukan dengan single indeks model, karena model ini berusaha menyederhanakan analisis portofolio serta prosedur analisis yang tersedia dan runut dalam menentukan portofolio optimal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: