Implementasi Model Pembelajaran Kolaborasi Jigsaw dan Teams Games Tornament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa


Lisnasari, Iftitah. 2009. Implementasi Model Pembelajaran Kolaborasi Jigsaw dan Teams Games Tornament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Kewirausahaan (Studi Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Turen). Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Hermawan, M.Si., M.Bus. (II) Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M.

Kata kunci: Model pembelajaran Jigsaw, Team Games Tournament (TGT), Hasil Belajar

Salah satu upaya yang harus dilakukan pemerintah untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia hingga saat ini adalah melalui perbaikan kurikulum. Dengan perbaikan kurikulum, diharapkan kualitas proses pembelajaran akan meningkat yang diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa. Tetapi kurikulum bukanlah satu-satunya faktor pendukung keberhasilan pendidikan di Indonesia. Guru juga memegang peranan yang penting dalam proses pembelajaran, sehingga guru sering disebut sebagai ujung tombak dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Oleh karena itu guru dituntut untuk dapat menyampaikan materi pelajaran kepada siswa dengan metode dan pendekatan yang relevan dengan kebutuhan siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dilaksanakan pada bulan Desember. Dalam setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan melalui 4 tahapan yaitu tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subyek yang diteliti adalah kelas XI Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri 1 Malang, sebanyak 40 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber langsung pada subyek yang diteliti. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, rubrik penilaian, tes dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kolaborasi jigsaw dan TGT dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Analisis hasil belajar menunjukkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif pada hasil nilai pre test dan post test pada siklus I dan siklus II. Dalam siklus I nilai rata-rata pre test dan post test meningkat dari 62,12 menjadi 73,37 sebesar 18%.  Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pre test dan post test meningkat dari 67,12 menjadi 75,25 dengan persentase kenaikan 12%. Hasil belajar pada aspek afektif menunjukkan peningkatan pada tiap siklusnya yaitu pada siklus I sebesar 68,8% menjadi 74% pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kolaborasi jigsaw dan TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu: 1) Bagi sekolah, perlunya peran dan dukungan dari semua pihak di lingkungan sekolah untuk mengimplementasikan model pembelajaran kolaborasi jigsaw dan TGT serta model-model pembelajaran kooperatif yang lain menjadi pola pembelajaran yang sehari-hari dapat diterapkan di sekolah. 2) Bagi guru, pembelajaran dengan model kolaborasi Jigsaw dan TGT dapat dijadikan alternatif pilihan dalam praktek pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. 3) Bagi peserta didik, dengan implementsi pembelajaran model kolaborasi jigsaw dan TGT diharapkan dapat bekerjasama dengan baik antar peserta didik, saling menghargai, berani mengungkapkan ide dan pendapatnya serta dapat saling membantu antar peserta didik dalam belajar. 4) Bagi peneliti selanjutnya, dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan implementasi model pembelajaran jigsaw dan Team Games Tournament (TGT) dengan menggunakan kompetensi dan subyek penelitian yang berbeda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: